Minggu, 18 Desember 2016

Sekilas Tentang CBR250RR Dual Silinder

Hello brother and sister,

Artikel ini sebenernya sedikit sharing dan "curcol" mengenai perilisan resmi NEW CBR250RR di area Surabaya. Jadi mohon harap dimaklumi apabila kata-kata mimin bisa bikin kalian kepingin dengan motor Honda yang terbaru ini. hehe


Slogan CBR250RR, Total Control


Masbro dan Mbaksis sekalian sudah pada tahu belum kalau hari Sabtu 17 Desember 2016 kemarin di wilayah Surabaya ada acara peluncuran NEW CBR250RR, lebih tepatnya di Pakuwon City untuk Test Ride dan Surabaya Town Square (Sutos) untuk acara Launching.


Lokasi Test Ride di Grand Island, Pakuwon City


Motor pembaharuan dari CBR250R versi lawas (satu silinder), NEW CBR250RR (dual silinder) resmi dirilis oleh Honda sebagai penghadang motor Kawasaki Ninja 250 dan Yamaha R25 yang lebih dulu menggunakan mesin 250cc dual silinder.


Parkir memanjang para tamu undangan dan umum untuk test ride motor CBR250RR


Dengan berbekal rasa penasaran yang tinggi terhadap motor ini, mimin ditemani oleh Bro Angga HSSC, Bro Debby HSSC, dan Bro Radit HSX125 segera berangkat ke lokasi test ride di Grand Island, Pakuwon City. Ketika sampai di sana, ternyata di kanan kiri jalanan aspal sudah dipenuhi oleh para Komunitas Bikers CBR150R dan CBR250R yang sepertinya memang resmi diundang oleh MPM Honda mengikuti serangkaian kegiatan tersebut. Bisa dibayangkan seberapa panjang antrian untuk test ride yang dibuka mulai pagi hingga sore hari itu.


Tenda registrasi untuk peserta Test Ride


Setelah kurang lebih 1 jam antrian, akhirnya kami berkesempatan untuk merasakan tenaga mesin seperempat liter dengan mode Sport Plus. Oh iya, lupa mimin informasikan bahwa CBR250RR yang terbaru sudah dibekali dengan 3 mode ECU yang bisa di setting sesuai keinginan yaitu mode Normal, Sport, dan Sport Plus.


Narsis dulu dengan motornya


Impresi awal saat menunggangi CBR250R, posisinya pas banget buat mimin yang memiliki tinggi badan 170cm. Seperti di foto atas, kaki mimin bisa menapak hampir seluruhnya ke aspal. Dengan posisi riding agak menunduk ciri khas motorsport, dan tampilan dashboard speedometer yang mungil, modern, dan tapi lengkap.


Penampakan Dashboard CBR250RR


Pertama kali akan start engine, jujur sempet sedikit kebingungan mencari tombol electric starter. Setelah bersemedi selama beberapa menit, baru ketemu electric starter -nya yang ternyata di desain menjadi satu dengan tombol Stop Engine. Cara kerjanya, tekan ke bawah untuk menyalakan mesin dan tekan ke atas untuk mematikan mesin. Cukup satu kata, Canggih!!!


Tombol Electric Starter dan Stop Engine jadi satu.


Menengok handle bagian kiri, sudah disematkan fitur pass beam atau umumnya disebut lampu tembak jauh yang didesain dengan sedemikian rupa sehingga tetap terlihat rapi dan stylish tanpa mengganggu fungsi utamanya.


Tombol Lampu Jauh dan Dekat, sudah ditambahkan fungsi Pass beam


Selain itu, disediakan juga tombol bertuliskan Lap yang berfungsi seperti Stopwatch di handphone (silahkan cek sendiri di hp masing2 ya bro). Cocok nih buat para speedfreak yang ingin mengukur detail waktu terbaik saat digunakan untuk latihan atau bahkan race.


Menggunakan 2 silincer


Menggunakan teknologi throttle by wire mirip dengan motor yang dipakai Marc Marquez di moto GP, putaran gas tangan CBR250RR terasa ringan dan tidak membebani tangan walaupun dipluntir sampai penuh sekalipun. Suara yang dikeluarkan cenderung halus dan sedikit berbobot ala mesin dual silinder. Menurut mimin pribadi, cukup ganti dengan knalpot aftermarket saja, karakter suara mesin dual silinder di CBR250RR ini akan lebih gahar dan jelas terdengar.


Shock depan Up Side Down


Mimin sendiri ketika tes kecepatan hanya sampai perseneling 2 dan 3 dikarenakan masih menyesuaikan dengan karakter mesin seperempat liter ini. Maksimal kecepatan yang bisa mimin capai dengan perseneling gigi 2 bisa sampai 80km/jam, itupun persneling 2 masih belum maksimal. Jadi bisa dibayangkan mas bro untuk tenaga CBR250RR ini ganasnya seperti apa, bisa bikin jatuh hati pada kecepatan pandangan pertama nih hehe


Ada yang kepingin, jawil Bro Debby HSSC


Oke mas bro dan mbak sis, cukup sampai disini sedikit sesi curhat colongan mengenai CBR250RR. Yaa doakan saja semoga si mimin bisa boyong motor seperempat liter ini ke rumah, atau yang satu liter sekalian juga boleh hehehe

Thanks for reading and,
See you soon!

Salam HSSC Solid!



Galeri foto:









































4 komentar:

Unknown mengatakan...

Mantappp Min... 😆👍

raditya mengatakan...

fotoe uakeh..kpn2 hunting lg mas klo di wilayah sby - sidoarjo.hahaha

Unknown mengatakan...

Suipp

Unknown mengatakan...

siap mas, berangkat tok wes